Tips Untuk Tahu Segalanya



Sebenarnya tidak ada trik-trik khusus atau makanan apa yang digunakan orang untuk menjadi pintar, kemampuan otak setiap orang itu hampirlah sama (kecuali menderita penyakit atau cacat tertentu di otak). Yang membedakannya hanyalah KEMAUAN untuk BERAKSI, seseorang yang punya niat atau keinginan besar dan memiliki fasilitas yang memungkinkan dirinya untuk menjadi pintar dan tahu segalanya, belum tentu bisa menjadi pintar dan tahu segalanya.

Memang ada keterbatasan kemampuan kita dalam menampung dan menyimpan semua jenis pengetahuan dalam memori otak dan mengeluarkannya dengan cepat di waktu yang dibutuhkan. Tidak usahlah kita membahas IQ, EQ, SQ dan lain-lain dalam hal ini. Otak kita awam akan hal tersebut, karena penilaian objektif sangat bertentangan dengan penilaian subjektif.
Contoh: seorang teman saya yang selalu juara kelas waktu sekolah dulu, memiliki hasil tes IQ yang jauh lebih rendah dari teman yang lain yang tidak pernah juara, bahkan kita akan 'meng under estimate' dia dari penampilannya. Hal ini tentu menjadi shock theraphy bagi sang juara tadi.

Coba anda lihat contoh kasus yang lain, seorang murid SD yang tidak pernah juara dari desa tertinggal, bisa menjadi Juara Lomba Matematika Internasional dalam waktu beberapa tahun (bahkan satu tahun), dalam hal ini terdapat dualisme yang bertentangan:
1. Betapa hebatnya dia, karena dilatih dengan tugas, contoh soal, disiplin yang ketat sehingga bisa menguasai ilmu matematika dan menyingkirkan pesaing yang lain.
2. Tetapi apakah dia bisa sejago itu untuk bidang-bidang ilmu yang lain? Apakah dia bisa mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) ilmu sejarah, atau menyebutkan anatomi sederhana tubuh manusia untuk pelajaran IPA? Belum tentu khan???

Contoh kasus yang lain adalah orang yang sekedar ahli bahkan super ahli di bidangnya dan sangat minim pengetahuan akan hal lain, bahkan pengetahuan tentang berita yang sedang BOOMING sekalipun. Mungkin itu hal yang wajar menurut sebahagian orang, tapi TIDAK WAJAR menurut saya, apalah artinya otak yang luar biasa mengagumkan yang diciptakan Allah SWT hanya dipakai dan diisi oleh hal-hal yang harus dan wajib kita ketahui serta dalami bahkan menjadi budak oleh profesi kita.

Tidakkah anda ingin memiliki begitu banyak pengetahuan umum akan segala bidang kehidupan, yang akan memudahkan anda untuk bergaul, berkomunikasi bahkan menjadi lebih unggul dalam bidang pekerjaan anda. Orang Yang Tahu Segalanya Lebih Merasa Puas Dari Orang Yang Memiliki Segalanya !!!

Berikut Tips Untuk Tahu Segalanya::
- Belajarlah untuk membaca dan mendengar cepat, hal ini berguna untuk membaca dan mendengar informasi kilat lewat media, baik media elektronik seperti televisi maupun media cetak seperti billboard banner iklan dan koran yang sedang dibaca orang. Kadang ada berita up to date yang disajikan flash news suatu stasiun berita yang awalnya berita biasa, kemudian beberapa hari kemudian menjadi berita yang sangat menghebohkan.

- Jangan malu untuk membaca koran, majalah, tabloid bekas bahkan koran sobek pembungkus cabe sekalipun. Seandainya anda melihat tulisan tentang ditemukannya planet ke sepuluh (walaupun Pluto sebagai planet ke sembilan sudah tidak diakui lagi sebagai sebuah planet--sudah tahukah anda) dalam tata surya di sobekan koran pembungkus gorengan, pasti anda tertarik untuk membacanya tapi tidak mau membacanya karena malu. JANGAN pengetahuan itu sangat berharga walau dari selokan sekalipun. Percayalah, hal 'sekotor dan sejelek' itu akan bermanfaat buat anda dan membuat anda bangga di waktu yang akan datang.

- Bertanya adalah hal terbaik apabila anda ingin mengetahui sesuatu hal dari orang yang tahu, apabila dia bosan dan tidak mau menjawab pertanyaan anda, dan anda masih belum puas, tanyakanlah ke orang lain, atau carilah informasi yang berkualitas tentang hal yang anda tanyakan di internet. Kenapa Internet, karena ini media yang paling mudah diakses dan lengkap tentang segala hal, apalah arti warnet 2500 rupiah perjam dengan pengetahuan yang akan anda dapatkan dalam 1 jam, saya juga menghargai orang yang membuka situs atau gambar yang 'tidak pantas' di internet. Mungkin saja dia lebih pintar dalam hal tersebut dibanding kita. Tapi gunakanlah internet atau media lain untuk hal yang bermanfaat.

- Cobalah belajar untuk menghafal dan mengingat hal-hal kecil dahulu, mungkin bermain game who want to be a millionaire dan mengisi TTS akan membantu mengukur seberapa jauh pengetahuan umum yang anda miliki. Jangan lupa tetap meng update dan me refresh ilmu pengetahuan di bidang yang anda kuasai, boleh saja anda memiliki banyak pengetahuan tapi jangan sampai tertinggal dalam pengetahuan di profesi anda.

Sederhana Bukan?? Tapi tidak sesederhana itu, itu hanya dasar bagi anda. Akan saya posting kan lebih lanjut, tahap pertahap untuk menjadi orang pintar dalam segala hal (Smart in Everything)

Find It