Bagaimana Membuat Hidup Anda Berwarna

Ada kalanya kita merasa bosan dengan apa yang sudah kita jalani, kita sudah merasa capek dengan pekerjaan yang kita miliki dan merasa ingin keluar dari jalur kehidupan yang sudah kita bentuk dari awal. Secara nyata kebosanan selalu muncul dalam diri kita masing-masing.

Mungkin kita pernah bosan dengan masa/waktu yang masih panjang yang harus kita jalani di dunia ini, sementara kita belum meraih apa yang kita inginkan ataupun sebaliknya di saat kita sudah memiliki segalanya, ada sessuatu yang kurang dari perjalanan hidup itu sendiri. Itu wajar, tidak selamanya kehidupan yang lengkap dan berkecukupan itu membahagiakan dan tidak selamanya juga hidup kekurangan dan sendirian itu tidak membahagiakan. Ada cara untuk mewarnai kehidupan dan menepis semua kebosanan.

Lepaskan Pakaian Diri
Adalah suatu upaya untuk menjadi diri yang lain atau menjadi orang lain. Coba cari suatu waktu dimana anda bisa melepaskan atribut yang menempel sebagai diri anda. Tapi sebelumnya anda harus memberitahukan kepada orang-orang terdekat anda kalau anda akan menghilang beberapa saat. (Agak susah berlaku bagi yang sudah bekeluarga, tapi tidak ada salahnya dicoba). Jadilah seseorang yang lain, apakah itu idola anda, atau musuh anda. Lakukan kebiasaannya asal tidak menyimpang dari jalur yang benar dan membahayakan diri dan masa depan anda.
Contoh: Anda merasa diri anda adalah bintang film,tidak ada salahnya anda berdandan seperti bintang film dan jalan di keramaian atau pusat perbelanjaan, Jangan Malu, karena kalau anda berhasil melewati ini maka ada sesuatu yang baru yang akan anda rasakan dalam hidup anda.
Tapi, jangan lakukan dengan keragu-raguan.

Berinteraksi Dengan Orang Baru
Tidak ada salahnya anda berkenalan dan bercengkerama atau malah berbaur dalam kehidupan orang lain yang sama sekali tidak seprofesi atau menyenangkan buat anda. Cobalah untuk mengenal karakter seseorang dari cara bicara dan profesi dia yang aneh menurut anda. Interaksi dengan bukan orang "sekalangan" akan menambah wawasan anda dan pemahaman akan arti kehidupan, betapa kecilnya anda dan betapa beragamnya jenis kehidupan dari satu macam spesies manusia saja.Coba bayangkan, anda punya teman seorang pengemis dan minum kopi bersamanya, bau pakaian yang kotor dan berhari-hari tidak mandi adalah hal baru bagi anda.

Selalu Berlibur
Jadwalkan liburan anda secara rutin, liburan tidak selalu harus keluar kota, ke tempat wisata yang terkenal dengan budget besar. Liburan bisa bermacam-macam, intinya anda jauh dari pekerjaan dan hal-hal yang bisa membantu anda. Minta waktu sama istri/suami/anak/pasangan anda (beda halnya kalau sendiri) dan ajak mereka jalan ke taman kota dengan membawa perbekalan piknik dan kamera. Atau sekedar berjalan-jalan di pusat perbelanjaan seraya bercanda dan menikmati makanan yang selama ini anda tabukan bagi keluarga anda (padahal kalian semua sangat menyukainya). Seandainya cuaca tidak mendukung, kegiatan berlibur di dalam rumah juga bagus bagi anda, sewa DVD original film kesukaan sekeluarga (kalau bisa semua menyukainya) dan beli makanan cepat saja serta keluarkan permainan Monopoli anda...Lakukan apa yang layak anda lakukan untuk mewarnai hidup.

Test atau Uji Back Link

Tulisan kali ini sedikit berbeda, karena semata-mata ditujukan untuk membuat back link dari beberapa nama teman, sejawat dan sahabat saya berikut ini. Sehingga dapat menilai sejauh mana potensi blog ini di search engine dalam mencari nama-nama mereka.

Saya sebenarnya sudah lama mengenal dunia internet,dimulai semenjak di bangku sekolah SMU 2 Padang, waktu open lab di kampus AMIK-STMIK Lubuk Begalung Padang. Situs pertama yang saya buka adalah pencarian terhadap Bill Clinton. Kemudian saya tidak pernah online lagi sampai sekitar tahun 1998 waktu kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand) Padang. Dimana sahabat saya Dr. Harry Prima Sahputra (Mansur) yang kembali memperkenalkan internet, dan saya ingat pencarian pertama waktu itu adalah "Tyra Bank Nude Picture" hehe, agak-agak jitut juga (istilah buat sahabat saya Dr. Fitri Ashadi) yang sering diledekin oleh Dr. Rixendo, Dr. Kiki Kurniawan, Dr. Budi Pratama Arnofian dan Dr. Lazuardi (yang sudah lama tidak bertemu lagi).

Semenjak saat itu saya sangat rajin ke warnet seperti Caroline di pondok. Dan sahabat serta teman saya yang lain seperti Dr. Sri Anita Mulia, Dr.Tuti Lismayarni, Dr. Lillah Fitri, Dr. Wafda Aulia, Dr. Reni Anggraini, Dr. Adria Ruselly dan Dr. Frides Susanty eh Frides Susanti yah Can? juga nimbrung di warnet selagi ada waktu luang. Salah satu sahabat saya yang lain Dr. Yayan Gusman lah yang mengajarkan kami chatting lewat MIRC, yang waktu itu sedang booming.

Setelah virus demam internet menyebar di angkatan 97 FK Unand atau istilah lainnya 97ers, hampir semua mahasiswa FK keranjingan internet. Dr. Hadianto, Dr. Ade Wirdayanto tak luput dari penyakit yang satu ini. Tapi yang secara diam-diam ternyata juga suka main internet adalah Dr. Tony Ruslim dan Dr. Jesri Yanto yang tujuan utamanya cari cheat buat playstation hehehe. Namun ada juga yang tetap setia duduk di warung Da Pen dan Ni Lis maen balak seperti Dr.Deritci Jelani, Dr. Ade Asyari, Dr. Dendy atau yang sibuk pacaran waktu itu sehingga tidak sempat ke internet seperti Dr. Ricki Oktiza. Teman-teman saya yang lain juga tidak ketinggalan ke internet, Dr. Hamdi, Dr. Haris Arja Eka Putra. Termasuk si anak Timor Leste yang jago kungfu Dr.Alito Soares Christ.

Dari segi pertemuan di warnet, saya jarang bertemu Dr. Tofrizal dan Dr. Taufik Hidayat, mungkin waktu itu mereka ke warnet yang lain di sekitar kampus sehingga saya tidak pernah satu ruangan di warnet dengan mereka. Situs komunitas pertama didengungkan oleh Dr. Rita Yaswir yaitu friendster yang dia tanyakan kepada saya waktu malam kesenian dekan cup angkatan berapa yah? (sekitar tahun 2004). Dimana disana saya tidak menjumpai Dr. Denny Timora dan Dr. M Ikhwan Pandito Rajo Alam.

Sekarang saya pikir hampir semua teman-teman angkatan saya sudah melek internet, seperti Dr. Yuliza Azwar yang mengelola friendster FK Unand, apalagi Dr. Huriatul Masdar yang sudah di Belanda atau Dr. Dewi Indriani yang masih di Mentor (NGO) di Aceh.

Cerita akan berlanjut untuk meng back link teman-teman saya angkatan 97 yang lain yah.

Update: (Maaf yah 97 ers yang laen yang belumkesebut namanya)

Ricky Awal, Muhammad Reza, Rantih Intani Afrilia Damita, Lizawati, Lilawati Simamora, Salmalira, Rainy Fathiyah, Elfi Risalma Putri, Elke Winasari,Vera Mayasari, Olivia Vistary, Fenny Lovitha Dewi, Al Laily Fitri, Donna Susanti, Dessi Sumarni, Lidya Palmina, Neni Anggraini, Qurrata Aini Rais, Desri Marlina, Delfican, Rita Yaswir, Suci Purnama, Desi Susyanti, Yulmeriza,.

Coba kita lihat dalam 3 hari, apa blog ini akan ter-indek di www.google.com dalam pencarian nama-nama mereka.

Hapus Mitos,Buat Konsep Hidup Sekarang Juga!!!

Dulu kita masih dihadapkan kepada mitos bahwa hidup itu sudah diatur olehNya, sehingga kita tidak usah mempunyai target dalam hidup. Bahkan ada juga yang percaya kalau seandainya apa yang dia alami sekarang adalah takdir yang harus diterimanya dari Tuhan. Stop!!Tidak cukup sampai disitu. Walaupun hidup ini sudah diatur olehNya tapi aturan seperti apa kita tidak tahu. Hanya Rezki,Jodoh dan Kematian yang tidak bisa ditebak,tetapi selain itu bisa diraih dan dirubah. Seperti cerita saya di postingan sebelumnya, liat QS Al Hujurat ayat 11. Bahwa kita dulu yang harus mengubah nasib kita sebelum Dia melakukannya.

Hidup harus terkonsep,itu yang penting. Sering kegagalan yang terjadi atau impian yang tidak bisa diraih muncul akibat konsep itu "kebablasan".Malahan konsep yang sangat bagus dimulai semenjak kita mengenal pikiran yang lebih dewasa di usia yang belum dewasa.Maksudnya,waktu SD mungkin kita punya cita-cita,tapi cita-cita itu bisa berubah di saat SMP,SMA berubah lagi bahkan saat Kuliah atau saat mencari pekerjaan sekalipun. Itulah yang dikatakan tidak terkonsep. Kekuatan cita-cita dan pikiran itu adalah sejalan,faktor alam dan lingkungan setelahnya.

Saya pernah membaca sebuah buku biografi beberapa orang sukses. Ada yang berhasil karena meneruskan profesi sesuai latar belakang pendidikannya,ada yang berhasil meneruskan hobinya atau ada yang berhasil karena banting stir ke bidang yang dituntut karena perubahan zaman.Tapi tetap semuanya,mereka menjalankan konsep yang matang dalam perencanaan hidup dan pekerjaan.Percayalah apabila melakukan suatu pekerjaan dengan konsep yang benar,pekerjaan itu akan berhasil.

Berikut tips untuk agar konsep hidup bisa berhasil.
  • Mulai dari mana,apakah itu CITA-CITA atau IMPIAN,anggap itu adalah takdir kita bukan mimpi belaka. Benamkan dalam pikiran sekian tahun yang akan datang HAL ITU terwujud. Misal: saya ingin kaya dalam segala hal.
  • Cari langkah-langkah,stretegi,kemudahan apa biar Cita-cita itu terwujud,Pelajari dan cari lebih banyak dengan bergaul dengan orang-orang yang berhubungan dengan cita-cita tadi,BOLEH SEKEDAR TAHU apa rintangan yang akan muncul tapi jangan jadikan itu BEBAN bagi pikiran anda.Misal: ingin berbisnis untuk kaya,maka belajar dari mereka yang berhasil.
  • Perbaharui informasi dan atur langkah,kalau bisa bukukan dan selalu dibawa kemanapun anda pergi.Dan yang paling penting anda harus bikin skedul,kapan setiap langkah yang anda rencanakan itu dilaksanakan dan butuh berapa lama.Misal: anda butuh waktu sebulan untuk mencari informasi tentang bisnis apa yang saat ini lagi naik daun dan bertahan lama.
  • Kembali ke halangan tadi,halangan atau rintangan apa yang terberat,cari dan diskusikan solusinya dengan yang lebih berpengalaman.Misal: anda tidak punya modal,mungkin anda bisa mengajukan pinjaman dengan atau tanpa jaminan dan pilih cicilan yang sanggup anda bayar.
  • Jika semua konsep tadi sudah anda cetak dalam pikiran,perbuatan dan buku anda, maka mulailah meraih mimpi-mimpi anda.Tapi jangan pernah berhenti apabila anda menemui kegagalan,karena kegagalan adalah hal yang harus dibayar untuk meraih kesuksesan.
  • Fokus terhadap konsep anda,Lihat skedul yang anda buat,apakah terpenuhi,terlambat atau malah lebih cepat dari yang anda rencanakan.
  • Terimalah MIMPI ANDA MENJADI KENYATAAN dan bagilah kebahagiaan anda dengan keluarga dan sesama anda,niscaya doa mereka adalah pintu KESUKSESAN anda selanjutnya.
  • Yang paling utama JANGAN LUPAKAN TUHAN ANDA.

Find It