Serial Bisnis Internet: Google Adsense 1



Sebenarnya saya sudah lama ingin posting tentang bisnis internet di blog ini. Cuman baru bisa saat ini, itupun karena desakan teman saya dr.Rixendo yang ingin tahu lebih lanjut tentang cara mendapatkan uang dari internet. Sebenarnya ada banyak cara untuk menjalankan bisnis di internet dengan modal besar, kecil atau tanpa modal sekalipun (yang satu ini pasti banyak peminatnya,termasuk saya). Intinya ada tiga hal yang menjadi syarat untuk memulai bisnis internet:
  1. Bisa internet, termasuk dalamnya blogging and email dan yang pasti bisa bahasa inggris.
  2. Rajin koneksi ke internet (minimal sekali seminggu) termasuk rajin membuka email, rajin belajar dan rajin posting, serta berani mencoba.
  3. BERSABAR DAN TERUS BERUSAHA, sengaja saya bikin dengan huruf besar, karena berbisnis di internet tidak semudah membalikkan telapak tangan, saya sudah mengalaminya, karena tidak sabar setelah 2 bulan berbisnis dan baru mengumpulkan belasan dollar akhirnya usaha saya gagal, dan sekarang Alhamdulillah sejak sabar dan rajin online, saya bisa menambah pundi2 dollar setiap hari...itu dari blog saja.
Saya sebenarnya masih belum maksimal menguasai bisnis internet dan masih belajar. Dan tulisan-tulisan berikut ini tentang informasi dan tuntunan serta tips saya tampilkan dari blogsite master saya Cosa Aranda (minta ijin buat di copy paste ya om Cosa) juga yang lain-lain seperti Blogguebo. Bisnis internet itu bermacam2, ada istiah paid to write, paid to affiliate, paid to advertise, paid to read email. Nanti akan kita bahas satu persatu. Sekarang yang akan kita terangkan adalah tentang paid to affiliate. Merujuk namanya, melalui program ini Anda akan dibayar dengan cara menampilkan iklan dari penyedia layanan paid-to-advertise di blog atau situs Anda. Iklan-iklan ini bisa berupa iklan teks ataupun grafis (banner ads). Salah satu contoh paling populer dari program paid-to-advertise adalah Google Adsense.

Kita mulai saja dengan Google Adsense (gratis,tanpa dipungut biaya):
Secara singkat, AdSense adalah layanan iklan yg dimiliki oleh Google, dimana para pemilik situs dapat memasang iklan tersebut di situs2 mereka dan mendapatkan penghasilan tambahan. Iklan yg muncul bermacam-macam jenisnya, bisa berupa teks, gambar, bahkan video; namun yg pasti, semuanya menggunakan sistem kontekstual (contextual), dimana iklan tersebut akan relevan atau sesuai dengan isi halaman dimana iklan tersebut dipasang.

Seluruh iklan disimpan di server milik Google sendiri, sehingga kita tidak perlu menyediakan ruang khusus di server kita untuk AdSense, ataupun meng-upload file-file tertentu. Cukup dengan menyisipkan kode JavaScript yg diberikan pada halaman situs kita saja kita sudah dapat menikmati hadirnya iklan AdSense di situs kita.

Bagaimana Kita Mendapatkan Uang?

Seperti disebutkan di atas, dengan memasangkan iklan AdSense di situs mereka, pemilik situs memperoleh kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bagaimana caranya?

Tidak sulit. Yg perlu Anda, sebagai pemilik situs, lakukan adalah menunggu (dan berdoa) agar ada pengunjung yg meng-klik iklan2 tersebut. Ya, cukup dengan meng-klik saja, otomatis Anda, sebagai publisher AdSense, akan mendapatkan sejumlah uang yg nilai bagiannya diperhitungkan dari besarnya bid yg telah ditentukan oleh si pemasang iklan (advertisers). Meskipun ada faktor2 lain yg mempengaruhi, secara umum, bagian yg diperoleh publisher adalah 20% dari nilai bid.

Setelah Anda mendaftarkan diri di Google AdSense dan diterima, Anda akan mendapatkan akses ke Member Area Google AdSense. Di situ, selain tersedia tool untuk men-generate kode iklan yg dibutuhkan, juga terdapat halaman Report yg mencantumkan perolehan pendapatan Anda beserta jumlah klik yg didapatkan, jumlah tampilan iklan, dan info2 penting lainnya.
Bagaimana Pembayarannya?
Pembayaran akan dilakukan 30 hari setelah total pendapatan Anda dalam satu bulan mencapai minimal $100. Jadi apabila bulan Februari ini Anda memperoleh $100, maka penghasilan Anda tersebut akan dikirimkan pada akhir bulan Maret. Untuk Indonesia, pembayaran akan dikirimkan dalam bentuk cek dan Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa pos ataupun DHL (Express Delivery) dalam proses pengiriman tersebut.
Bagaimana Potensi Penghasilannya?
Tidak terbatas! Banyak publisher AdSense yg telah memperoleh ribuan bahkan puluhan ribu dollar per bulannya. Di Indonesia sendiri, publisher AdSense dengan penghasilan ribuan dollar per bulan sudah bukan hal yg aneh lagi.

0 comments:

Find It