I am So Confuse...?

Bingung banget deh gue. Setelah terputus dengan koneksi internet rutin setiap hari (bahkan setiap jam), terpaksa deh gue ngenet di warnet, itupun udah gak rutin lagi sekarang. Selain pekerjaan yang menuntut waktu dan tenaga, berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga jauh lebih penting daripada menghabiskan waktu ke warnet. Satu-satunya cara gue harus pasang koneksi internet tanpa batas di rumah sendiri....ntar lagi deh. Setelah bisnis internet mandeg akibat gak di update2, gue jadi bingung untuk nerusin. Makanya gue lebih fokus untuk membangun website/blog pribadi gue dulu. Cuman tang jadi kendala, gue harus milih ato gabungin antara blog pribadi en blog profesi.

Pengen sih misahin antara blog pribadi buat keluarga dengan blog profesi dokter untuk berbagi ilmu dan cerita, tapi kendalanya kembali ke waktu en koneksi internet yang harus ke warnet. So mungkin gue coba-coba dulu gabungin aja posting tentang kedokteran dengan posting pribadi. Semoga semuanya pada mengerti yah. En juga menjelang gue punya koneksi internet di rumah, gue mau cari traffict blog ini aja dulu...ntar bisnis online-nya di reborn lagi.

Mitos Tentang Seks Dan Kehamilan

Anda mungkin sering mendengar cerita-cerita lama tentang cara-cara "aneh" mencegah supaya seseorang tidak hamil. Berikut ini ada beberapa mitos tentang kehamilan:
- Anda tidak akan hamil apabila anda melakukan hubungan seks sambil berdiri
- Anda tidak akan hamil apabila anda pertama kali melakukan hubungan seks
- Anda tidak akan hamil apabila anda berlompat-lompat setelah berhubungan

Sekarang, beri tanda „X“ untuk semua pernyataan tersebut. SALAH. Mitos tentang kehamilan dan „cara-cara aneh“ ini telah diturunkan selama bertahun-tahun. Baik laki-laki maupun perempuan, anda harus tahu kebenaran tentang seks dan mitos kehamilan ini, sehingga dapat melindungi diri anda dari kehamilan yang tidak diinginkan dan penyakit menular seksual (PMS)

Pertama, mari kita review pengetahuan anda tentang reproduksi manusia. Penting untuk diingat bahwa sperma adalah organisme yang sangat pintar. Mereka dirancang dari poin A (laki-laki) ke poin B (perempuan). Sperma memiliki otak sendiri, dan yang ingin mereka lakukan hanyalah cara untuk mencapai sel telur wanita (ovum). Mereka bertindak dengan segala upaya yang mungkin bisa dilakukan. Bahkan mereka dapat bertahan hidup beberapa hari dalam rahim.

Mitos tentang Kehamilan; Silangkan Jari anda, atau Kaki Anda?
Salah satu mitos yang terdengar pada beberapa remaja, ialah mereka percaya “jika saya tidak melakukan ejakulasi dalam vagina, maka pasangan saya tidak akan hamil“ Atau „Jika saya membuang sperma diluar atau membuang didalam untuk beberapa saat, maka pasangan saya tidak akan hamil“.
Pendapat yang SALAH. Tahukah anda? Terjadi sesuatu sebelum seorang pria ejakulasi. Terdapat cairan yang keluar dari penis sebelum seorang pria ejakulasi. Cairan ini mengandung sperma, dan sperma tetap berjuang sampai mereka mendapatkan sel telur. Jika cairan/semen ini terdapat di sekitar penis (ujung saluran) dan berkontak dengan bagian dari vagina, akan beresiko untuk terjadinya kehamilan.

Sebagian pasangan menggunakan “metode berkala” dalam mencegah kehamilan, dimana mereka mencoba berhubungan seks hanya di saat periode “aman” dari siklus menstruasi bulanan seorang wanita. Namun juga terdapat kemungkinan tertular penyakit seksual (PMS), jika mekakukan hubungan seks yang tidak aman.
Banyak sekali muncul mitos tentang seks dan kehamilan. Berikut ini beberapa yang sering kita dengar. Kadang, beberapa hal terdengar lucu, tetapi sangat mengherankan kalau nyata-nyata ternyata diyakini oleh sebagian orang;

Mitos Kehamilan: Berhubungan seks sambil berdiri mencegah untuk tidak hamil.
Kenyataan: Salah. Melakukan hubungan seks ke dalam vagina dalam posisi apapun akan menyebabkan kehamilan.

Mitos Kehamilan: Jika si wanita “meloncat-loncat” setelah berhubungan seks, dia tidak akan hamil.
Kenyataan: Salah. Mau melompat-lompat dengan gaya apapun yang anda mau,jika satu sperma sudah bertemu dengan satu sel telur, pasti: Hamil.

Mitos Kehamilan: Jika si wanita tidak mencapai orgasme (puncak), dia tidak akan hamil.
Kenyataan: Salah. Sel telur wanita tetap bisa dibuahi walaupun tidak terjadi orgasme.

Mitos Kehamilan : Berhubungan seks di dalam air akan mencegah anda dari kehamilan.
Kenyataan: Salah lagi! Beberapa sperma yang berkontak dengan vagina, tetap meningkatkan resiko untuk hamil. Jika suhu air sesuai, sperma dapat bertahan hidup di luar tubuh untuk beberapa menit. Banyak juga bayi yang lahir sekitar sembilan bulan setelah seorang pria dan wanita berhubungan seks sambil berenang di danau atau laut.

Mitos Kehamilan: Seorang wanita tidak akan hamil apabila berhubungan seks selama siklus haid mereka.
Kenyataan : Sekali lagi,Tidak Benar. Ingat, sperma dapat bertahan sampai satu minggu dalam rahim wanita.

Mitos Kehamilan: Membilas atau mencuci vagina setelah berhubungan seks akan mencegah dari kehamilan.
Kenyataan: Tidak. Ingat, sperma dirancang untuk melakukan satu hal yaitu membuahi sel telur. Walaupun vagina dicuci sehabis berhubungan seks, tidak akan mencegah anda untuk hamil.

Bagaimana Mengontrol Kehamilan?
Jika anda seseorang yang aktif melakukan hubungan seks atau berencana untuk menjadi aktif, bicarakan dengan Dokter anda bagaimana supaya tidak hamil dan melahirkan. Cara untuk mengontrol kehamilan dan melahirkan bisa berupa minum obat pil, suntik KB, atau obat jangka waktu lama yang diletakkan di bawah kulit (implan)
Kondom memiliki bentuk yang bermacam-macam. Yang terbaik adalah yang mengandung spermatisida, yang membantu untuk mengurangi resiko hamil. Kondom juga cara terbaik untuk mengurangi penularan sebahagian tapi sayangnya tidak seluruh Penyakit Menular Seksual (PMS).
Walaupun dengan metoda terbaik menggunakan hormon dalam mencegah kehamilan, seperti pil dan suntikan—bahkan jika digabung dengan kondom—tetap ada resiko untuk hamil atau mendapat PMS. Langkah terbaik (memilih untuk tidak melakukan seks yang tidak jelas) merupakan satu-satunya cara yang pasti untuk mencegah kehamilan dan PMS.

Apa itu Penyakit Menular Seksual (PMS)?
Selain akan menjadi hamil, terdapat resiko serius lainnya dalam berhubungan seks.
PMS menyebar melalui kontak seksual. Penyakit ini termasuk human papilloma virus (HPV), chlamydia, trichomonas, gonorrhea, herpes, syphillis dan HIV (Human Immunodeficiency Virus, organisme yang menyebabkan AIDS). Diperkirakan sekitar 3 juta remaja mendapat PMS setiap tahun.
Anda juga beresiko mendapat PMS melalui oral atau anal seks. Beberapa PMS dapat menyebabkan kerusakan yang serius bagi tubuh, menyusahkan dalam mengobati infeksi, berbekas, infertil dan kanker servik (pangkal rahim) atau kanker rahim.

Pelvic Inflammatory Disease (PID) atau penyakit peradangan tulang selangka banyak diakibatkan oleh infeksi chlamydia dan atau gonorrhea pada wanita muda. Dan ini merupakan penyebab terbanyak kemandulan karena penyakit ini dapat mengakibatkan skar/bekas luka di tuba fallopi (saluran ovarium), yang menghambat sel telur mencapai rahim. Tapi kadang-kadang sel telur ini tetap dapat dibuahi oleh sperma yang berenang melewati hambatan tadi. Tapi akan menadi kehamilan beresiko/bukan di rahim (kehamilan ektopik).
Beberapa PMS dapat diobati, yang lain, seperti herpes dan HIV tidak dapat diobati.

Gambaran Kehamilan Yang Tidak Direncanakan
Setiap tahun, terdapat hampir 800,000 remaja hamil di USA. 74% sampai 90% merupakan kehamilan yang tidak direncanakan.
Kehamilan remaja ini mengakibatkan seseorang menjadi bapak muda atau ibu muda. Statistik menunjukkan wanita muda yang hamil cenderung memiliki sedikit kesempatan untukmelanjutkan pendidikannya. Kebanyakan keluar dari sekolah untukmengurus anakmereka.
Perlu diingat, sebenarnya sangatlah mudah untuk hamil dan menderita PMS. Jika anda seseorang yang aktif secara seksual, praktekkan seks yang aman dan sehat serta bicarakan dengan seseorang yang anda percayai mengenai resiko yang mungkin terjadi. Kunjungi klinik atau Dokter anda untuk membantu berfokus dalam mencegah kehamilan dan PMS.

How To Make Patients Love Doctor.

Bagaimana membuat pasien menyukai dokter?
Sebenarnya bukan pertanyaan yang sulit dijawab. Ada kesan bahwa hierarki seorang dokter hampir disamakan dengan Dewa,karena dia mampu menyembuhkan seseorang yang sakit.Tapi perlu diingat dan INGAT (KHUSUSNYA BAGI DOKTER), dia bukanlah Dewa atau Tuhan,tapi merupakan penyambung tangan Tuhan untuk menyembuhkan seseorang.Kemampuan yang dimiliki seorang dokter adalah berkah dari-Nya.Harus diingat bahwa profesi dokter adalah profesi mulia dan penuh kemanusiaan. Letakkanlah hal itu pada tempatnya.

Seorang dokter bisa dibenci pasien, disukai pasien bahkan disayangi pasien. Ada dokter yang memiliki jumlah pasien sedikit karena caranya tidak dikehendaki pasien, ada dokter yang pasiennya banyak karena dia dekat dan perhatian kepada pasiennya.

Tidaklah susah untuk menjadi seorang dokter yang disukai oleh pasien.
Akan saya coba jabarkan beberapa hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan itu:

1.Bekerjalah dengan Ikhlas
Jangan mengharapkan apa-apa terlebih dahulu sebelum mengerjakan sesuatu.Ini memang agak kontroversial,mungkin beberapa dokter akan mengatakan,kalau tidak mengharapkan apa-apa buat apa menjadi dokter.Bukankah seorang dokter identik dengan kekayaan.TIDAK.Apakah hipocrates kaya?apakah ibnu sina kaya?kaya ilmu pengetahuan memang iya.Jangan mengambil contoh dokter-dokter zaman dahulu,dimana jumlah dokter sedikit dan pasien yang membutuhkan mereka sangat banyak.Pasti pundi-pundi mereka akan penuh.Tapi lihat sekarang,apakah layak mengatakan menjadi dokter untuk kaya?NEIN,bukan itu.Kalau anda bekerja dengan ikhlas,tanpa memandang siapa pasien yang datang,doa dari mereka adalah rezeki buat anda,dan Kekayaan akan datang dengan sendirinya.

2.Berkomunikasilah dengan baik
Seorang dokter adalah komunikator,dia harus bisa menggali pertanyaan2 kepada pasien,dan harus tahu trik agar pasien tidak malu atau marah dalam menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan penyakitnya.Jangan langsung arahkan pertanyaan lebih dalam apabila terkesan pasien tidak suka,bermain-mainlah dengan hal yang bisa membuat dia senang,apabila pasien membawa anak,bercandalah dengan anak dia.Hal ini akan menenangkan pasien.Jangan takut-takuti pasien tentang penyakitnya,tapi jangan juga bohong tentang penyakitnya.Sampaikan dengan cara yang tepat.Dokter,janganlah merasa tahu segalanya dan merasa pasien sudah tahu tentang penyakitnya.Tanyakan ke pasien,apa yang dia perlu ketahui lebih lanjut.Apa permintaannya.

3.Senyum dan gunakan bahasa tubuh
Senyum adalah ibadah,dengan senyuman yang diberikan kepada siapa saja,pasti akan merubah mimik wajahnya seketika,tapi jangan tersenyum kepada pasien yang emergency dan sekarat(kasusnya lain).Senyum akan menunjukkan keramahan seseorang.Bahasa tubuh yang dimaksud adalah semacam sentuhan kepada pasien,jangan sentuh pasien muda berlainan jenis,seandainya anda harus melakukan itu untuk tujuan diagnosa,MINTA MAAF DAN IJIN SEBELUMNYA,niat baik anda tidak akan dicurigai orang.Sentuhan,tuntunan kepada pasien orang tua adalah penghargaan,gendongan kepada pasien anak adalah kasih sayang.

4.Jangan sombong
Jawablah semua pertanyaan pasien semampu anda dan selagi berhubungan dengan penyakit.Jangan pelit dan angkuh dalam memberikan keterangan.Tapi jagalah,jangan campurkan hal-hal pribadi dengan medis.Apabila ini harus dilakukan,lakukan di luar jam praktek anda,bukan sebagai dokter.

5.Kreatif
Banyak omong bukan kreatif,dandan habis-habisan dan mengikuti mode terbaru bukan hal yang kreatif.Hal-hal kreatif itu misalnya dengan mendekorasi ruangan praktek seindah mungkin,dinding dan meja berisikan foto,kalau sudah bekeluarga tampilkan foto keluarga anda.Ada satu Teman Sejawat di tempat prakteknya menyediakan koran dan kue,mungkin televisi sudah biasa,coba tambahkan alunan musik slow dengan volume sedang rendah.Tampilkan foto atau gambar anatomi tubuh yang akan membantu anda menerangkan penyakit dengan gambar.

6.Semua pasien adalah sama dan hari esok lebih baik dari hari ini.

Terapkan hal ini dan yakinlah,pasien akan mencintai anda

Communication is a Doctor

Komunikasi, merupakan langkah awal dalam memulai dan menginginkan sesuatu.Komunikasi merupakan sarana penyampaian agar tujuan berhasil.Di dalam kedokteran,komunikasi antara dokter dan pasien adalah hal yang paling mendasar dalam mendukung kejelasan akan keluhan-keluahn dan tanda-tanda penyakit seseorang dan perkembangan penyakitnya,sehingga Dokter bisa mengambil kesimpulan berdasarkan ilmu yang dia miliki untuk menentukan diagnosa suatu penyakit.

Suatu komunikasi yang jelas,salah dan tidak lengkap serta melibatkan emosi kedua belah pihak, akan memperburuk keadaan.Begitu juga bagi pasien,hal ini justru akan merugikan dirinya sendiri,karena bisa saja diagnosa menjadi salah.
Ada beberapa hal yang dapat mendukung komunikasi dua arah antara dokter dan pasien,sehingga tujuan pengobatan tercapai (mungkin juga dalam hal komunikasi antar komunitas lainnya)

1.Bahasa
Merupakan hal yang paling mendasar,penggunaan bahasa yang tidak universal akan mengganggu komunikasi.Untuk menyikapi hal ini mungkin bisa dipakai Bahasa Nasional/Universal, atau apabila baik pasien atau dokter tidak mengerti bahasa satu sama lain,bisa menggunakan penerjemah yang mengerti bahasa salah satu dari mereka.Penggunaan bahasa isyarat bagi pasien yang bisu atau tidak bisa bicara,umumnya bisa dimengerti oleh keluarganya atau dokter itu sendiri.

2.Media
Tempat yang tidak nyaman dan layak untuk berkomunikasi,akan mengganggu kesepahaman antara dokter dan pasien.Karena pasien membutuhkan tempat yang aman,nyaman dan rahasia untuk menyampaikan keluhan-keluhannya.

3.Emosi
Emosi yang tidak stabil,akan mengganggu komunikasi baik pasien maupun dokter.Disinilah dibutuhkan ketenangan dalam menyikapi masalah,jangan mencampuradukkan hal lain dalam komunikasi yang akan dilakukan oleh dokter dan pasien.Kalau emosi tidak bisa dikontrol,lebih baik tidak usah berkomunikasi dan ditunda saja percakapan antara dokter dan pasien

4.Ramah tamah
Dokter yang ramah merupakan idola semua pasien,bahkan mereka cukup bertemu dengan dokter dan penyakitnya langsung sembuh.Ini bukan hal yang tidak dapat dipungkiri lagi,dokter yang ramah dan baik akan mempunyai pasien yang banyak,walaupun kadang-kadang obat yang dia gunakan adalah obat generic atau plasebo(obat yang diisi gula) sekalipun.Bagaimana menjadi dokter yang ramah?Akan kita bahas lebih lanjut.Begitu juga dengan pasien yang ramah,dokterpun akan senang melayaninya,pasien yang bertanya dengan sopan dan berlagak tidak angkuh adalah dambaan dokter,sehingga dia bisa lebih fokus dalam mengobati si pasien.

5.Samakan Tujuan
Datang ke dokter untuk berobat,dokter memberi obat,sembuh.ITU SALAH.Usahakan berkomunikasi ke dokter untuk menyamakan tujuan,carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang keluahn dan penyakit anda,dan bagaimana pencegahan supaya tidak kambuh lagi(untuk penyakit berulang dan bisa dicegah),seandainya anda kurang puas,sarankan untuk meminta second opinion ke dokter lain.Dokter yang baik akan memberikan rujukan kepada dokter ahli atau teman sejawat yang menurutnya lebih ahli.Sehingga pasien merasa puas,dan dokterpun merasa lega karena pasien puas.

Apa yang dikatakan dengan anamnesa yaitu komunikasi antara pasien dengan dokter tentang riwayat penyakitnya dan faktor pendukung munculnya penyakitnya,ADALAH benar mendukung lebih dari 75% diagnosa penyakit pasien.Intinya komunikasi,sehingga dapat saya katakan bahwa seorang dokter itu adalah komunikator,dan dengan komunikasi yang baik,pasien sembuh.Sehingga Komunikasi adalah Dokter.

Find It